Tips mencegah dan penyebab kutu air

Posted by

Kaki kita merupakan salah satu tempat yang lembab. Apalagi bila kita sering menggunakan sepatu tertutup dalam jangka waktu yang lama. Kebanyakan daerah yang terkena kutu air terbatas pada daerah antara jari-jari kaki saja, namun kutu air tersebut dapat menyebar ke daerah lain juga. 

Sebenarnya kutu air dan penyakit kutu air adalah dua hal yang berbeda.  Kutu air yang hidup di air tidak menyebabkan penyakit kutu air yang selama ini banyak disalahpahami oleh kebanyakan orang.  Kutu air pun juga bukan serangga seperti layaknya kutu-kutu yang kita lihat di beras, di rambut seseorang, maupun di sekitar tempat tidur kita.  Kutu air adalah suatu jenis plankton jenis zooplankton dengan rata-rata berukuran panjang sekitar setengah milimeter.  Kutu air tidak dapat menjadi parasit karena kutu air memakan fitoplankton dan detritus (sisa-sisa makanan makhluk hidup).

cara mencegah kutu air

  • Biasakan meletakkan sepatu dan sandal ditempat yang bersih dan tidak pada tempat yang memiliki udara yang lembab.
  • Biasakalah memakai sepatu dalam keadaan kaki yang kering atau bersih. Tujuannya agar bakteri tidak cepat berkembang meskipun memakai sepatu dalam jangka waktu yang lama.
  • Cuci dan bersihkan sepatu atau sandal yang biasa anda pakai secara rutin, atau bisa juga dilakukan dengan menjemur dibawah matahari.
  • Bersihkanlah kaki ketika setelah pulang dari tempat kerja, atau cucilah kaki setiap kali keluar rumah ketika sampai dirumah. Atau jagalah kebersihan kaki sebaik mungkin, dengan menyikat disela-sela jari. Jangan lupa memotong kuku kaki.
  • Apabila kaki sudah terasa gatal, rendamlah kaki selama 15 dengan air hangat dicampur garam dapur, tujuanya adalah agar kuman atau bakteri yang ada akan dimatikan oleh air hangat dan garam dapur. Lakukanlah cara ini 1 kali dalam seminggu. Selain membunuh kuman, ini juga dapat menghilangkan rasa pegal pada kaki.
  • Potong kuku kaki yang sudah mulai memanjang secara teratur

penyebab kutu air

Trichophyton Rubum adalah nama latin dari jamur penyebab penyakit kutu air.  Nama latin dari penyakit kutu air adalah Tinea Pedis.  Jamur kutu air biasanya menyerang bagian tubuh sela-sela jari, kuku, wajah dan kepala.  Penyakit kutu jamur bisa diobati dengan cara memberi obat anti jamur kulit yang mampu menyembuhkan penyakit kutu air di bagian yang terkena penyakit kutu air.  Sebaiknya kulit yang terkena kutu air jangan digaruk-garuk agar tidak merusak kulit kita.  Jika tidak segera diobati dikhawatirkan penyakit kutu air bisa melebar dan menular ke orang-orang yang ada di sekitar kita.  

gejala kutu air

  • Kulit gatal dan merah
  • Kulit kering dan bersisik
  • Rasa panas antara jari kaki dan pada telapak kaki
  • Lepuh yang mungkin berisi nanah
  • Pembengkakan kulit

Related Post



Comments
0 Comments

Posting Komentar