Bahaya softlens dan cara terbaru menggunakanya

Posted by

Awalnya softlens digunakan untuk penglihatan yang sudah mulai buram ataupun minus.  Seiring jaman yang terus berkembang,variasi softlens semakin merabah dimana-mana. Karena softlens mulai banyak digunakan sebagai gaya atau fashion. Tapi apakah anda pernah berpikir bahayanya softlens bagi mata anda. Apalagi tanpa konsultasi dari dokter.
Bukan berarti anda tidak baik untuk memakai softlens, asal kita tahu cara menggunakan softlens maka matapun terjaga dengan baik. Harga yang ditawarkan dari softlens sendiripun bervariasi dari harga termurah dan harga yang lumayan mengocek saku anda.

Bahaya softlens terhadap mata

Berikut ini akan saya uraikan bahaya softlens bagi mata kita :

1.Iritasi dan mata merah
Ini salah satu bahaya softlens yang paling sering terjadi. Biasa ini terjadi diakibatkan oleh beberapa hal seperti debu, pemakaian yang kurang benar dan terlalu lama dipakai. Maka dari itu, agar tidak mengalami iritasi hendaknya hindari softlens tidak terkena debu dan gunakan dengan cara yang tepat. Bagaimana? Yang paling utama yang harus diingat adalah tangan kita harus steril sewaktu memakai softlens. Pastikan juga untuk tidak memakainya terlalu lama. Tetes mata khusus softlens bisa secara rutin anda gunakan untuk memberikan efek lega ketika memakainya. 

2.Terlalu Ketat atau Terlalu Longgar
Softlens bisa menjadi terlalu ketat  atau bahkan terlalu longgar seperti sangat menempel ke mata disebut hypoxia. Hal ini disebabkan pemilihan kadar air yang salah saat membeli softlens. Oleh karena itu, sesuaikan dengan keadaan mata. Jika mata anda memang sudah memiliki banyak kandungan air mata, pilihlah softlens dengan kadar air lebih sedikit. Sedangkan mata yang cenderung kering sebaiknya pilih softlens dengan kadar air tinggi.

3.Softlens koyak dengan mata
Ini juga sangat berbahaya, saat seperti ini bisa saja terjadi ketika anda masih mengenakan softlens saat tidur. Sebab, saat kita tertidur softlens bisa bergerak-gerak di dalam mata dan bisa beresiko softlens pecah di dalam mata. Bukan itu saja, softlens dapat mengering karena tidak mendapatkan oksigen dan kadar air yang cukup. Nah, ketika Anda mencubit softlens dalam keadaan kering seperti itu dapat mengakibatkan softlens koyak. Oleh karena itu, memang ketika ingin melepaskan softlens sangat disarankan untuk meneteskan tetes mata khusus softlens sebelumnya.

4.Infeksi Kornea
Bahaya infeksi kornea bisa terjadi jika kamu tidak mengetahui cara merawat softlens dengan baik. Karenanya bakteri seperti jamur dan virus bisa tumbuh di softlens dan membuat alergi pada mata. Oleh karena itu, jaga baik-baik softlens anda ya. Jika tidak bisa seperti itu, memakai softlens sekali pakai bisa menjadi pilihan jika anda berkekeuh untuk menggunakan softlens. 

Cara menggunakan softlens dengan baik


Selain itu,saya juga ingin berbagi cara menggunakan softlens dengan baik . Berikut caranya :

  • Temui dokter / ahli mata untuk mencari informasi dan mendapatkan lensa yang sesuai untuk mata anda dan layak untuk dipakai.
  • Jika anda akan menyentuh lensa cucilah tangan terlebih dahulu dengan air bersih.
  • Sebaiknya lepas softlens anda ketika anda tidur,jangan pakai saat  tidur.
  • Bersihkanlah lensa secara rutin. Cara membersihkan yang baik yaitu dengan mengusap lensa kontak dengan jari dan bilas dengan cairan pembersih sebelum menyimpan lensa dalam wadah yang sudah berisi cairan pembersih.
  • Simpanlah wadah lensa kontak di tempat yang lembab dan terlindung dari cahaya matahari langsung.
  • Gantilah wadah lensa setiap minimal 3 bulan sekali
  • Untuk menyimpan lensa, gunakan cairan pembersih yang masih baru. Jangan gunakan cairan yang sudah dipakai, meskipun terlihat bersih tetapi mengandung bakteri yang bisa membahayakan mata anda.
  • Patuhi jadwal penggantian lensa kontak sesuai anjuran dokter.
  • Temui dokter mata anda untuk memeriksakan mata anda secara rutin.  
Itulah bahaya dan cara menggunakan lensa. Cintailah mata anda, karena mata adalah anugerah terindah dari yang Mahakuasa. Terimakasih!

Related Post



Comments
2 Comments
Bahaya Softlens mengatakan...

Softlens memang dapat membahayakan mata, Jika penggunaannya tidak sesuai prosedur. Jadi kalau mau aman gunakan dengan baik dan bijak

softlen mengatakan...

wah ternyata soflen mempunyai dampak buruk juga, wah saya baru tahu dan terimakasih juga sudah memberikan cara penggunaannya yang tepat.
terimakasih ya.

Posting Komentar