Semua Jenis Cacing dalam tubuh manusia

Posted by

Apa yang ada dibenak anda bila memikirkan tentang cacing? Mungkin sebagian orang merasa geli bila melihat cacing.Tapi apakah anda pernah tahu jenis cacing yang ada di dalam tubuh anda? Sebenarnya sangat banyak jenis cacing yang ada pada tubuh kita. Mungkin saat anda masih kecil pernah mengalami hal dimana keluarnya cacing dalam anus anda ketika buang air besar. Betapa takutnya hingga membuat anda menangis kala itu. Bukan hanya pada anak-anak,bisa juga terjadi pada orang dewasa.Semua tergantung pola hidup sehat kita bagaimana. 

Disini saya akan menguraikan beragam jenis cacing yang ada di dalam tubuh kita. Berikut adalah jenis-jenis cacing dalam tubuh manusia:

macam-macam cacing dalam tubuh manusia

1.Cacing Gelang (Ascaris lumbricoides)
    Cacing ini berbentuk seperti gelang dengan ukuran 6-13mm. Jenis cacing ini dapat masuk ketubuh manusia melalui makanan dan minuman. Cacing ini akan menghisap sari-sari makanan di dalam tubuh manusia. Cara kerja cacing gelang didalam perut manusia adalah ketika kita makan atau minum serta telur kawanan cacing yang masuk,telur ini akan meneta dan menjadi larva. Lalu larva dari telur yang sudah menetas ini mengalir ke dinding usus menuju paru-paru,kemudian larva ini bergerak ke saluran bronkial ke tenggorokan melalui kelenjar ludah yang tertelan,setelah itu larva akan kembali ke usus kecil dan tumbuh menjadi dewasa. Waktu berkembang biaknya telur ini di dalam perut selama 2 bulan,lalu akan menetas.Cacing ini dapat bertelur hingga 200 ribu butir dalam sekali bertelur per hari. Cara penularan cacing pita ini yaitu dapat menular dari manusia ke manusia melalui makananan yang dipegang dengan tangan yang kotor atau tidak terjaga kebersihanya.

Pengaruh cacing gelang dalam perut manusia

Gejala yang timbul bila cacing masuk di dalam perut kita seperti nafsu makan turun,mual,perut membuncit layaknya busung lapar,feses yang keluar encer bercampur lendir dan berdarah. 

 2.Cacing Kremi (Oxyuris Vermicularis)
    Cacing ini sering juga disebut dengan cacing kerawit dengan memiliki ukuran tubuh yang kecil dan halus seperti benang berwarna putih,panjangnya sekitar 3-5mm.jenis cacing ini sangat mudah keluar melalui anus dengan sendirinya. Disaat keluar pada bagian pembuangan,akan terasa gatal. Jenis cacing ini sangat mudah menyerang anak-anak,ketika anak sedang bermain hingga tangan kotor lalu memakan suatu makanan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Cacing ini sama seperti cacing gelang yang akan menempel pada dinding usus lalu memakan isi usus hingga menyebabkan bagi si anak penderita kekurangan gizi dan pertumbuhan si anak terganggu. Karena cacing ini juga menyerap sari-sari makanan yang seharusnya diserap tubuh kita untuk masa pertumbuhan.  

Pengaruh cacing kremi dalam perut manusia

Gejala yang timbul akibat cacing ini adalah si penderita akan merasa gatal-gatal di sekitar anus.maka dari itu,waspadai bila anak-anak anda sudah resah ingin menggaruk-garuk pantatnya. Dan untuk membuktikan bahwa cacing kremi penyebab rasa gatal-gatal tersebut adalah dengan cara anda menaruh selotip pada anus,lalu cacing tersebut akan menempel ke selotip.Segeralah periksakan ke dokter dengan membawa selotip itu.Cacing ini juga dapat membahayakan bagi kaum hawa. Karena cacing ini dapat menyebabkan radang pada vagina sebab larva cacing yang menempel di sektar anus akan menjalar ke sekitar vagina. Telur cacing kremi ini dapat bertahan hidup sekitar 3 minggu,dimana cacing kecil berukuran 3-5mm dan cacing kremi dewasa berukuran 3-10m hingga dapat dilihat oleh mata.

3.Cacing Tambang (Ancylostoma Duodenale dan Necator Americanus)
    Cacing ini juga sangat berbahaya,karena cacing ini akan menghisap darah dari inangnya yakni usus kita.Sehingga membuat si penderita mengalami anemia akibat kekurangan darah. Cacing tambang ini berukuran sekitar 8-15mm. Cacing ini juga sering menggigit usus yang menyebabkan pendarahan dan dapat meracuni si penderita. Cacing tambang ini dapat menular melalui kulit kaki yang terinfeksi larva cacing,terbawa ke usus lewat pembuluh darah hingga ke usus halus.

 

Pengaruh cacing tambang dalam perut manusia

Gejala yang timbul akibat dari cacing tambang ini adalah mual-mual hingga muntah,pusing,tubuh melemah,sesak pada pernapasan dan telinga mendengung. Penyebabnya adalah kebersihan yang kurang dijaga,dimana buang air besar di sembarangan tempat hingga membuat cacing tambang ini dapat tumbuh berkembang biak. 

4.Cacing Pita (Taeniasis)
    Jenis cacing yang satu ini memiliki bentuk panjang pipih seperti pita dan berkepala kecil. Cacing ini mempunyai kait di tubuhnya guna melekatkan dirinya pada dinding usus. Cacing pita msuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan seperti daging sapi,daging babi,atau daging lainnya yang dimasak tidak sampai matang. Tubuh cacing ini juga memiliki banyak jenisnya,yaitu pita daging,pita babi dan pita ikan. Perlu diketahui bahwa cacing ini tidak hanya tumbuh di dalam tubuh manusia,tetapi juga tumbuh di dalam tubuh hewan.

 

Pengaruh cacing pita dalam perut manusia

Gejala yang timbul akibat cacing ini adalah terasa perih dibagian perut yang seperti di tusuk-tusuk ,tapi setelah kita makan rasa sakit itu akan hilang,nafsu makan menurun,merasa pusing,wajah pucat,dan feses berlendir. 

Demikianlah jenis-jenis cacing dalam tubuh manusia. Kita tahu bahayanya cacing ini di dalam tubuh kita. Maka dari itu mari kita menjaga kebersihan dalam hidup kita.

Related Post



Comments
1 Comments
Unknown mengatakan...

mantap2 :D

Posting Komentar