7 Cara ampuh & cepat mengatasi panu dengan cara alami

Posted by

Panu adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur Pityrosporum ovale di permukaan kulit. Rasanya panas dan gatal. Panu disebabkan oleh jamur dan kulit yang lembab, sehingga lama kelamaan muncul ruam putih di atas kulit. Penyakit panu memang tidak berbahaya, tetapi mengurangi penampilan kita lebih percaya diri. Bentuk atau ciri-ciri dari panu ini adalah bercak putih, coklat atau merah (tergantung warna kulit) pada bagian permukaan kulit tubuh. Panu bisa saja terdapat di punggung, leher, dada, lengan, kaki,dan daerah lainnya. 

Ada juga yang mengatakan panu ini timbul dikarenakan jarang mandi. Ini benar, sebab bila jarang mandi akan terinfeksi jamur pada kulit kita. Tetapi anda tidak perlu bingung bagaimana menghilangkan panu pada kulit anda. Berikut cara mengatasi panu tersebut. 

Cara cepat menghilangkan panu dengan cara alami

1.Belerang
Caranya ambil belerang secukupnya lalu tumbuk halus. Kemudian campur dengan minyak kelapa dan keruk nipis secukupnya. Setelah itu usapkan pada kulit yang terkena panu dan lakukan secara rutin sampai panu benar-benar hilang.

2.Bawang Putih
Caranya, cukup satu siung bawang putih, lalu diiris-iris menjadi dua, kemudian gosok bawang putih pada bagian bergetah di atas kulit yang terdapat panu. Lakukan dengan rutin setelah mandi pagi dan sore setiap hari,sampai panu hilang. Agar getah bawang putih tidak menempel di baju,biarkan  dulu getah bawang putih hingga meresap, baru pakai baju.

3.Kunyit
Caranya adalah ambil kunyit secukupnya, lalu kunyit diparut dan dicampur dengan garam kasar lalu oles dan gosokkan pada bagian kulit yang yang terkena panu.

4.Lengkuas
Cara ini juga hampir sama dengan menggunakan kunyit. Parut lengkuas sampai halus, lalu peras airnya. Oleskan air lengkuas itu di atas kulit yang terkena panu. Lakukan teratur setelah mandi hingga panu hilang.

5.Jeruk nipis
Jeruk nipis juga dapat membantu mengatasi panu. Caranya ambil 1 buah jeruk nipis dan sedikit belerang. Haluskan belerang diikuti dengan memotong jeruk nipis hingga beberapa bagian. Lalu celupkan jeruk nipis yang sudah dipotong ke dalam halusan belerang. Oleskan pada bagian yang terkena panu. Untuk hasil yang optimal, lakukan dengan rutin setiap hari. Niscaya panu hilang.

6.Belimbing
Caranya adalah dengan menghaluskan beberapa belimbing wuluh. Campur dengan sedikit air kapur sirih. Aduk hingga rata, ambil airnya, lalu oleskan di atas kulit yang mengalami masalah panu. Lakukan perawatan rutin dua kali sehari hingga panu hilang.

7.Daun Pare
Tidak banyak yang tahu klo daun pare juga membantu menghilangkan panu. Caranya yaitu sediakan pucuk daun pare dicampur dengan kapur sirih, lalu tumbuk halus.  Setelah halus, oles dan gosokkan pada bagian kulit tubuh yang terkena panu.

Related Post



Comments
0 Comments

Posting Komentar