11 Pengaruh Negatif minuman alkohol bagi kesehatan

Posted by

Minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif dan konsumsinya menyebabkan penurunan kesadaran. Kini minuman beralkohol sudah menjamur bagi semua kalangan, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa. Disebabkan beberapa faktor seperti lingkungan, stres, kurangnya pendidikan, minimnya perhatian orangtua terhadap anak, dan lainnya.

Bila dikonsumsi berlebihan, minuman beralkohol dapat menimbulkan ganggguan mental organik atau disebut GMO, yaitu gangguan dalam fungsi berpikir, merasakan, dan berprilaku. Mereka yang terkena GMO biasanya mengalami perubahan perilaku, seperti misalnya ingin berkelahi atau melakukan tindakan kekerasan lainnya, tidak mampu menilai realitas, terganggu fungsi sosialnya, dan terganggu pekerjaannya. Keberadaan minuman ini di tengah-tengah masyarakat masih menuai pro kontra. Ada yang mendukung, tetapi banyak juga yang menolak. Nah bagaimana dengan tanggapan anda sendiri? Langsung aja kita bahas pengaruh negatif minuman beralkohol bagi kesehatan.

Dampak negatif minuman alkohol bagi kesehatan

 

1.Merusak daya ingat
Kecanduan minuman keras dapat menghambat perkembangan memori dan sel-sel otak.

2.Paranoid
Karena kecanduan, kadang-kadang peminum seperti merasa kepala di pukuli atau tidak senang. Sehingga perilakunya menjadi lebih kasar terhadap orang disekitarnya. Tak heran sudah banyak aksi kriminal akibat pengaruh minuman ini.

3.Oedema Otak
Pembengkakan dan terbendungnya darah di jaringan otak. Sehingga mengakibatkan gangguan koordinasi dalam otak secara normal.

4.Gangguan pada ibu hamil
Orang biasa saja tidak boleh meminum minuman beralkohol, apalagi wanita yang tengah hamil. Bila ibu hamil mengkonsumsi minuman ini, yang terjadi selanjutnya adalah bayinya akan lahir cacat. Janin menerima nutrisi dari apa yang dikonsumsi ibunya. Bila ibu hamil meminum minuman keras, alkohol ini akan masuk ke dalam tubuh dan akhirnya ikut terserap oleh si janin. Alkohol akan merusak sel-sel janin yang masih muda, sehingga janin akan rusak dan terlahir cacat.

5.Syaraf rusak
Meminum minuman keras tidak hanya memabukkan, bila diminum secara rutin dalam jumlah yang banyak, akan mulai mengganggu kinerja saraf otak lalu merusaknya secara perlahan. Akibatnya, manusia kehilangan kesadaran, keseimbangan dan akal sehatnya. Bahkan, jika diminum sampai over dosis akan menyebabkan kematian.

6.Gastrinitis
Radang atau luka pada lambung. Ini biasanya diakibatkan gara-gara muntah akibat minuman keras, karena lambung harus memompa secara paksa keluar zat-zat adiktif yang beracun dalam tubuh.

7.Gangguan jiwa
Yang dimaksud gangguan jiwa bukan berarti menjadi gila, walau tidak menutup kemungkinan bahwa seorang alkoholik bisa saja menjadi tidak waras. Gangguan kejiwaan pada alkoholik adalah turunnya tingkat sosialisasi, menjadi lebih pendiam, selalu ketakutan, gelisah, konsentrasi menurun, emosional dan mudah tersinggung.

8.Sirosis Hati
Peradangan sel hati secara luas dan kematian sel dalam hati akibat terlalu banyak minum minuman keras.

9.Gangguan Fungsi Reproduksi (seksual)
Meminum minuman keras akan menyebabkan serangkaian gangguan seksual, misalnya turunnya gairah seks, atau impoten pada pria.

10.Tingkat kecerdasan turun
Ada orang yang tadinya pintar menurun kecerdasannya, ini dikarenakan suka meminum minuman keras. Minuman keras ini di samping membahayakan bagi kesehatan tubuh, juga membahayakan bagi kecerdasan otak manusia. Di antaranya mengurangi daya ingat, suka pelupa, pikiran menjadi buntu.

11.Mengganggu metabolisme tubuh
Minuman keras juga dapat mengganggu proses metabolisme tubuh. Salah satu organ yang paling banyak dirusak adalah hati. Sel-sel hati yang rusak akan membuat kinerja menurun. Hati adalah organ yang fungsinya menyerap dan menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Bila rusak, tentu saja racun di dalam tubuh akan menyebar dan mengakibatkan kesehatan memburuk.

Anda sudah tahu kan efek buruk dari minuman keras ini. Jagalah kesehatan anda. Karena miniman alkohol ini sangat berbahaya bagi tubuh kita. Sayangilah diri anda. Terimakasih sudah berkunjung.


Related Post



Comments
0 Comments

Posting Komentar