Cara Termudah Atasi Kebiasaan Mendengkur atau ngorok

Posted by

Cara Menghilangkaan kebiasaan mendengkur menjadi kebiasaan buruk bagi seseorang yang mengalami masalah pernapasan.  Selain mengganggu, karena berisiknya, mendengkur bukanlan kebiasaan yang baik. Kalau ada anggapan bahwa orang yang mendengkur itu karena tidurnya pulas, dan dibiarkan saja itu salah besar. Mendengkur atau ngorok terjadi karena adanya getaran jaringan pada saluran udara bagian atas saat tidur. 

Mendengkur seringkali terjadi ketika kita terlalu capek setelah seharian bekerja. Namun ada juga orang yang hampir selalu mendengkur ketika tidur. Kebiasaan mendengkur ini sebenarnya tidaklah baik, karena bisa jadi sangat mengganggu bagi pasangan atau teman tidurnya. Oleh karena itu, perlu kiranya kita mencegah atau menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur. Berikut cara mengatasi kebiasaan mendengkur.

Cara menghilangkan kebiasaan mendengkur


1.Mengubah posisi tidur
Jangan tidur dengan posisi telentang. Tidur dengan posisi telentang membuat lidah dan langit-langit mulut bergerak ke dinding belakang tenggorokan sehingga menyebabkan bunyi dengkuran saat tidur. Penelitian terbaru bahkan menyebutkan bahwa miring adalah posisi terbaik saat tidur. Untuk mencegahnya, cobalah mengubah posisi tidur menjadi miring dan dapat dibantu dengan bantal yang panjangnya mencakup seluruh tubuh Anda.

Anda juga bisa mencoba tidur berbaring dengan posisi kepala ke atas (dagu diangkat). Anda bisa melakukan ini dengan meletakkan bantal di belakang kepala, sehingga kepala Anda menjadi lebih tinggi dari badan. Cara ini bisa membuka jalan pernafasan dengan baik, namun posisi ini bisa menimbulkan rasa sakit di leher.

2.Alkohol
Selain tidak baik untuk kesehatan, ternyata alkohol juga bisa memicu kebiasaan mendengkur. Jadi untuk menghentikannya, mulai sekarang hindari minum alkohol sebelum tidur. Kurangi juga kebiasaan anda yang satu ini.

3.Berat Badan
Mendengkur juga dialami oleh orang-orang yang obesitas. Beberapa orang mengalami tidur mendengkur ketika berat badannya semakin bertambah. Jika itu yang terjadi pada Anda, mengurangi berat badan menjadi solusi yang tepat. Kenaikan berat badan terutama di sekitar area leher membuat diameter tenggorokan jadi menyempit sehingga menimbulkan bunyi saat tidur. Maka dari itu, penting bagi pendengkur untuk menurunkan berat badannya demi menghentikan kebiasaan mendengkur.

4.Bantal
Posisi kepala yang terlalu rendah juga bisa menyebabkan kebiasaan mendengkur ketika tidur. Maka dari itu gunakan bantal yang cukup tinggi demi menghentikan kebiasaan mendengkur.

5.Ruangan Terpisah/tersendiri
Jika memiliki ruang tidur lain, ada baiknya jika pendengkur tidur sendirian. Bukan berarti pasangan suami istri sudah sama-sama tak cinta. Namun hal ini dilakukan justru karena pendengkur seharusnya perhatian dengan kebutuhan istirahat pasangannya. Sebab dapat mengganggu pasangan anda saat tidur dengan suara dengkur anda.

6.Nasal Trip
Nasal strip adalah salah satu obat yang paling populer yang cepat menyembuhkan kebiasaan mendengkur. Obat ini digunakan untuk melancarkan pernapasan melalui hidung agar udara tidak keluar masuk lewat mulut dan menyebabkan kebiasaan mendengkur.

Related Post



Comments
0 Comments

Posting Komentar