Apa anda tahu apa saja netizen yang masih aktif di internet, so pasti
social networking jawabnya. Jika berbicara media sosial tersebut,
kini menjamur, tak hanya Facebook seorang yang moncer dikalangan pengguna. Berikut macam macam jejaring sosial populer di dunia.
Menurut survei yang dilakukan Silverpop, rata-rata jejaring sosial
mengalami kenaikan dalam enam tahun terakhir. Namun ada 1 jejaring
sosial yang disematkan julukan the rising star yakni Instagram. Dan
berikut diantaranya:
Macam Jejaring Sosial
1. Facebook
Jejaring sosial ini memiliki 1 miliar pengguna. Terbesar di jagad raya
ini untuk urusan pengguna. Facebook bukan hanya jejaring sosial, Mark
Zuckerberg menyuntikan beberapa platform lain di situs ini.
2. Twitter
Microblogging ini memiliki setengah miliar pengguna atau hampir setengah
pengguna Facebook. Didirikan tahun 2006, Twitter cepan mendapat hati di
kalangan netizen khususnya pengguna mobile.
3. Google+
Google pun tergiur ikut terjun di jejaring sosial. Kini media sosial ini
memiliki 400 juta pengguna. Google+ terkenal dengan fitur Hangout-nya.
4. Weibo
Weibo atau Sina Weibo didirikan Agustus 2009. Saat ini memiliki 300 juta pengguna. Weibo sering disebut sebagai Twitter-nya China.
5. RenRen
Jika AS miliki Twitter, China miliki Sina Weibo. Di China juga memiliki
Facebook sendiri, yakni RenRen. Didirikan Desember 2005, RenRen kini
miliki 250 juta pengguna.
6. LinkedIn
Jejaring sosial ini dikenal sebagai jejaring sosial pekerja profesional.
Menghubungkan antar profesional maupun dengan brand atau perusahaan.
Kini miliki 175 juta pengguna.
7. Badoo
Didirikan tahun 2006, Badoo kini miliki 100 juta pengguna. Jejaring sosial ini sering disebut sebagai social discovery website.
8. Instagram
Jejaring sosial ini memiliki harga fantastis, 1 miliar dolar. Tak hanya
sebuah jejaring sosial, Instagram juga sebagai aplikasi pengolah gambar.
Saat ini miliki 100 juta pengguna.
9. Yelp
Yelp sering disebut jejaring sosial berbasis lokasi. Pengguna tak jarang
mendapatkan rekomendasi lokasi dari jejaring sosial ini. Saat ini
miliki 84 juta pengguna.
10. Tumblr
Jejaring sosial ini masuk ke ranah blog. Tak kalah bersaing dengan
platform blog lain macam WordPress maupun Blogger. Saat ini miliki 81
juta pengguna.
11. Flickr
Situs berbagi foto ini kini miliki 75 juta pengguna. Flickr masif digunakan di kalangan pecinta fotografi.
12. Orkut
Tak banyak yang tahu jika Orkut adalah jejaring sosial lain milik
Google. Meski jumlah pengguanya tak banyak, setidaknya mampu menarik 66
juta pengguna.
13. MySpace
MySpace masih memiliki gaung dengan 25 juta pengguna. Kini mereka lebih fokus ke ranah social music.
14. Foursquare
Jejaring sosial berbasis lokasi ini kini miliki 25 juta pengguna. Kini
jejaring sosial tersebut mampu menembus 3 miliar check-in.
15. Pinterest
Jejaring sosial ini tergolong baru. Namun mampu menarik 25 juta pengguna saat ini. Pinterest sering disebut situs pin online.
16. Soundcloud
Soundcloud sering disebut sebagai jejaring sosial berbasis audio. Didirikan bulan Agustus 2007, kini jejaring sosial tersebut miliki 20 juta oengguna.
17. XING
Serupa dengan LinkedIn, XING juga kerap digunakan di kalangan profesional pekerja. Saat ini miliki 12 juta pengguna.
18. Friendster
Sempat menjadi primadona, Friendster kini fokus ke ranah social game. Kini Friendster miliki 8,2 juta pengguna.
19. Path
Disebut sebagai smart jounal online, Path tetap menghubungkan pengguna
dengan keluarga, kerabat, dan sahabat. Saat ini miliki 5 juta pengguna.
20. GetGlue
Miliki 3 juta pengguna, GetGlue sempat populer di Indonesia beberapa
waktu yang lalu. Kini namanya tenggelam dan jarang terdengar lagi.
21. Hi5
Situs Hi5 didirikan oleh Ramu Yalamanchi pada tahun 2003. Pada tahun
2008, situs web ini masuk ke dalam 20 situs jejaring sosial yang banyak
dikunjungi oleh pengguna internet diseluruh dunia.
22. LinkedIn
Situs media ini didirikan oleh Dan Nye dan kantornya berlokasi di
Mountain View, California pada tahun 2006. Situs ini khusus digunakan
untuk berbisnis dan khususnya untuk jaringan profesional.
23. Yahoo! Meme
Situs media ini dibuat oleh Yahoo!
Pada tahun 2009. Nama meme dimaksudkan sebagai sesuatu yang menyebar
dengan cepat dan menarik perhatian semua orang. Pemakaian web ini hampir
sama dengan twitter pada umumnya.
24.MySpace
MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan
antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk
remaja dan dewasa di seluruh dunia. Markas situs ini terletak di Beverly
Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp
membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan MySpace resmi
berpindah tangan menjadi milik News Corporation.
25. Linked In
LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis,
terutama digunakan untuk jaringan profesional. Sampai September 2007
situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150
industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut
jasanya.
CEO LinkedIn saat ini adalah Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain
View, California. Perusahaan ini didanai oleh Greylock, Sequoia
Capital, Bessemer Venture Partners, serta European Founders Fund.
LinkedIn mulai meraih keuntungan (arus kas positif) sejak Maret 2006.
26. FUPEI
Jika anda melihat judulnya pasti anda terkecoh karena pasti anda menebak
situs ini berbau Jepang atau Cina. Ternyata anda salah, situs ini
buatan anak Indonesia asli. FUPEI adalah kependekan dari Friends Uniting
Program Especially Indonesian adalah sebuah situs jaringan sosial yang
berdiri pada bulan Mei 2004 menyediakan ruang gerak untuk kegiatan
pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Berawal dari booming
situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004, FUPEI
yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di
Indonesia merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup
foto, musik, video, dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian
dikenal dengan nama fupeis.
27. Bebo
Bebo adalah sebuah situs jejaring sosial yang popular yang dibuat pada
bulan Januari 2005. Ini banyak dipakai di beberapa Negara termasuk
Irlandia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru dan Australia.
Versi bahasa Polandia sudah dirilis yang menggunakan database user yang
berbeda. Ada planning untuk merilis versi bahsa Prancis, German dll.
Dibuat oleh suami dan istri Michael dan Xochi Birch, Bebo diluncurkan
secara resmi pada bulan Juli 2005.
Lalu AOL (America OnLine) membelinya pada 13 Maret 2008 sekitar 850 juta dollar.
“Bebo” adalah kependekan dari “Blog early, blog often”.
28. Orkut
Situs jejaring sosial ini dilaunching pada tanggal 22 Januari 2004 oleh
Google Inc. Situs ini merupakan dari karyawan Google sendiri, jadi bukan
merupakan hasil akuisisi dari pihak manapun. Dinamai Orkut, karena nama
itu sebagai bentuk dedikasi Google terhadap kreatornya yang bernama
Orkut Büyükkökten. Orkut tidak begitu populer di Indonesia. Seperti yang
saya kutip dari Wikipedia, pengguna Orkut kebanyakan dari negeri Samba
(Brasil) dengan presentase sebesar 51.09% kemudian diikuti oleh India
20.02% (Data dirilis Desember 2009).
Orkut juga mendukung banyak bahasa (multilingual) seperti jejaring
sosial pada umumnya. Orkut memiliki jumlah user sebanyak 200 juta orang
diseluruh dunia.
29. Koprol
Ternyata Yahoo! memiliki dua situs jejaring sosial yakni Meme dan satu
lagi Koprol. Tidak seperti Meme, entah kenapa saya cukup bangga dengan Koprol
? Apa pasal ? Karena ternyata Koprol merupakan salah satu jejaring
sosial made in Indonesia. Koprol tergolong unik karena jika anda
check-in (log-in) dengan ponsel, ponsel anda dapat berfungsi sebagai GPS
tanpa adanya aplikasi GPS di ponsel tersebut. Setelah anda log-in anda
dapat melihat user lain yang sedang ada di lokasi yang sama (kota yang
sama).
Seperti yang saya kutip dari Wikipedia, sistem kerja Koprol merupakan
gabungan dari sistem lifestream Twitter, sistem komentar Plurk, dan
sistem lokasi seperti Brightkite. Keunggulan inilah yang membuat Yahoo!
tertarik mengakuisisi Koprol pada tanggal 25 Mei 2010 dengan nilai yang
tidak disebutkan.