7 Cara cepat dan alami mengatasi gusi bengkak

Posted by

Gusi bengkak? Duh,rasanya ngilu banget bukan.Hampir setiap orang mengalami hal ini.Tentunya mengganggu aktivitas kita. Ada beberapa solusi medis baik secara alternatif guna mengobati gusi bengkak.

Hal ini bisa saja disebabkan karena makanan yang sembarangan,jarang menyikat gigi,dan beberapa faktor lainnya.Disini akan kita ulas berbagai tips mengatasi gusi bengkak secara alami

cara mengobati gusi bengkak


1.Menggunakan air garam
Cara  ini paling umum dan mudah dilakukan banyak orang. Caranya adalah masukkan satu sendok makan garam ke gelas dengan air hangat dan aduk sampai merata. Kemudian kumur-kumurlah menggunakan air garam selama beberapa menit. Ulangi proses ini beberapa kali sehari untuk meringankan gusi bengkak.

2.Dengan memijat gusi
Cara ini juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan,yaitu menggunakan jari telunjuk kita.Pijatlah pada area gusi yang bengkak. Apabila terlalu sakit, anda juga bisa memijat pada kulit pipi anda dengan jari telunjuk juga.Caranya dengan memutar seperti lingkaran secara perlahan. Ada baiknya dilakukan setiap 5 menit sekali. Melakukan pemijatan ini akan meningkatkan aliran darah ke gusi sehingga pembengkakan akan berkurang.

3.Dengan menggunakan perasan lemon
Caranya yaitu peraslah satu buah lemon ke dalam segelas penuh air hangat. Kumur dengan larutan ini selama beberapa menit 2-3 kali sehari. Niscaya cara ini juga membantu mengurangi pembengkakan pada gusi.

4.Minyak cengkeh
Minyak cengkeh adalah obat-obatan tradisional yg dikonsumsi sejak dulu kala dalam mengobati infeksi gusi bengkak. Caranya juga cukup mudah, oleskan minyak cengkeh pada gusi anda yang bengkak, untuk hasil lebih optimal, gunakan 3 kali dalam sehari setelah makan.

5.Minum air putih sebanyaknya
Saat gusi kita sedang bengkak, tentu air liur akan berkurang. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air putih. Selain itu, minum air putih dapat membersihkan mulut dan gusi anda dari bakteri.

6.Sikat gigi dengan rutin
Cara mengatasi dan mencegah gusi anda yang bengkak cukup sangat efektif adalah dengan rutin menyikat gigi. Sebaiknya menggunakan sikat gigi yang lembut dan lentur. Hindari menggunakan sikat gigi yg kasar yg justru dpt melukai gusi kalian. Selain itu menyikat gigi scara teratur akan membntu mengurangi plak yg dapat membuat gusi anda menjadi bengkak.

7.Menggunakan baking soda
Kita juga bisa meracik obat alami kumur sendiri, yaitu dengan mencampurkan air dengan hidrogen peroksida atau baking soda. Obat kumur bisa mengurangi rasa sakit di gusi. Cobalah anda berkumur beberapa dalam kali sehari untuk mencegah produksi & penyebaran bakteri di mulut.

Related Post



Comments
0 Comments

Posting Komentar