10 cara ampuh mengatasi bibir kering & pecah

Posted by

Perawatan bibir sangat penting dilakukan,terutama ketika perubahan musim. Walaupun telah menggunakan lip balm secara teratur, namun bibir masih tetap sama. Bibir pecah dan kering biasanya terjadi saat perubahan suhu, merokok, kurang minum air putih, aktivitas kebanyakan di ruangan ber-AC, dan juga saat memakai kosmetik yang tidak cocok untuk bibir.

Tapi anda tidak perlu risau untuk mengobatinya. Berikut akan saya bagikan tips mengatasi bibir kering. Dengan cara ini pasti cepat mengobati bibir yang pecah dan kering.


Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah


1.Tomat
Pijat bibir Anda dengan sepotong irisan tomat.Tomat dapat menyembuhkan masalah bibir kering secara alami.Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes madu pada irisan tomat tersebut sebelum mengoleskannya pada bibir. 

2.Madu
Madu dapat melembutkan dan melembabkan bibir Anda,serta mencegahnya dari retaknya bibir. Caranya yakni dengan mengoleskan setetes madu pada bibir anda. Selain bermanfaat untuk kesehatan, madu ini juga dapat melembabkan bibir anda yang kering serta pecah.

3.Minyak Zaitun
Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat bibir kering. Oleskan sedikit minyak zaitun pada bibir dan pijat bibir secara perlahan. Lakukan perawatan ini setiap hari.

4.Minyak kelapa
Asam lemak dalam minyak kelapa dapat menyembuhkan kulit kering pada bibir dan melembabkannya. Selain itu, minyak kelapa juga membantu menyingkirkan warna bibir yang gelap. Caranya yakni dengan mengoleskan minyak kelapa setiap kali bibir anda mengalami kering. Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa tersebut mampu melembabkan bibir anda dengan cepat.

5.Minum Air Putih banyak
Dehidrasi adalah salah satu penyebab dibalik bibir kering dan pecah-pecah.Minum banyak air untuk tetap terhidrasi dan menjaga kulit tetap lembab. Dalam sehari anda harus  minum 8-10 gelas air putih setiap hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. 

6.Jeruk
Jeruk bermanfaat juga untuk mengatasi bibir kering. Ini dikarenakan jeruk banyak mengandung vitamin yang dapat melembabkan kulit pada bibir. Jeruk dapat dikonsumsi 10mg per kali berat badan Anda. Karena, dengan berat badan Anda 40kg, maka jeruk yang Anda konsumsi cukup 10mg x 40kg yaitu sama dengan mengkonsumsi 4 buah jeruk perhari.

7.Mentimun
Perlu Anda ketahui bahwa mentimun mengandung banyak air. Caranya pijat bibir Anda dengan irisan mentimun sebanyak dua kali sehari untuk mengobati bibir kering. Mentimun juga  mengandung banyak vitamin C yang dapat melembabkan bibir Anda.

8.Lidah buaya
Selain merawat kulit kering,ekstrak lidah buaya juga dapat dioleskan pada bibir kering dan pecah-pecah. Ekstrak lidah buaya juga membantu dalam melembabkan dan menjaga kulit tetap lembut.

9.Kurangi lipstik
Tahukah Anda bahwa lipstik dapat mengeringkan bibir dan membuat bibir semakin pecah-pecah. Jika bibir Anda kering, hindari pemakaian lipstik atau pemulas bibir berbahan kimia lainnya, seperti lip balm dan lip gloss,untuk sementara waktu.

10.Lemon + madu
Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah. Lemon dapat mengelupas kulit,menghilangkan sel-sel kulit mati dan juga membersihkan kulit. Campurkan perasan lemon dan beberapa tetes madu. Oleskan ramuan ini pada bibir yang kering dan pecah-pecah. Lakukan ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.


Related Post



Comments
0 Comments

Posting Komentar