Bahaya duduk terlalu lama serta cara mencegahnya

Posted by

Perlu diketahui bahwa peneliti dari Australia dan Kansas State University mengungkapkan penelitian mereka memiliki implikasi untuk pekerja kantor, pengemudi truk dan orang lain yang secara teratur duduk untuk jangka waktu yang cukup lama. Sebuah studi baru membuktikan bahwa semakin banyak orang duduk setiap hari, semakin besar pula resiko untuk terserang masalah kesehatan kronis, seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung, demikian yang dilansir Health24.

“Kita tahu orang yang lebih aktif secara fisik bisa mencegah penyakit kronis lebih baik daripada mereka yang kurang aktif secara fisik,” ungkap Richard Rosenkranz, asisten profesor nutrisi manusia di Kansas State University.

Jika Anda terbiasa duduk 8 hingga 10 jam dalam posisi yang sama, Anda sebaiknya waspada. Berikut beberapa bahaya kesehatan akibat kelamaan duduk, seperti dilansir Boldsky. Berikut adalah bahayanya duduk terlalu lama bagi kesehatan.

Pengaruh duduk terlalu lama


1.Gangguan fungsi metabolisme tubuh
Menurut sebuah penelitian, duduk terlalu lama hingga berjam-jam bisa mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh kita. Dampak yang ditimbulkan adalah terjadinya peningkatan kolesterol dalam tubuh. Hal ini akan mengakibatkan pada masalah kesehatan secara keseluruhan.

2.Nyeri punggung
Terlalu lama duduk akan menyebabkan nyeri punggung pada bagian bawah atau sakit tulang belakang secara keseluruhan. Terlalu lama duduk dalam posisi yang sama akan membuat otot punggung menjadi kaku. Oleh sebab itu, punggung terasa sakit atau nyeri.

3.Usia lebih pendek
Seiring bertambah lamanya Anda duduk, semakin pendek pula usia Anda. Terlalu lama duduk akan membuat  lemak darah dan kadar kolesterol menjadi tinggi. Kondisi seperti ini akan meningkatkan risiko Anda terkena serangan jantung dan penyakit lainnya.

4.Resiko Diabetes
Tahukah anda, bagi wanita yang duduk sampai 7 jam sehari mempunyai risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk, maka akan semakin besar pula risiko terkena diabetes. Apabila gula dalam tubuh kita tidak banyak dibakar, maka akan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes.

5.Nyeri di bagian leher
Duduk dalam posisi tegak hingga berjam-jam akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian leher. Rasa sakit ini ditimbulkan karena adanya peradangan pada bagian sendi tulang belakang.

Maka dari itu, disarankan untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin, misalnya berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Cobalah untuk mengurangi periode duduk agar tidak melebihi 8 jam per hari. Selain faktor bahaya duduk terlalu lama, saya tambahkan lagi cara mencegah bahaya duduk terlalu lama

tips mencegah bahaya duduk terlalu lama 

1.Datangi rekan kerja
Sebaiknya Anda langsung mendatangi rekan kerja Anda bila ingin menyampaikan sesuatu kepada rekan kerja Anda daripada menggunakan pesan singkat  atau telepon, seperti SMS.

2.Menggunakan tangga
Ada baiknya sesekali anda menggunakan tangga daripada menggunakan lift, agar otot-otot pada tulang tidak kaku. Kegiatan seperti ini dapat membuat tubuh Anda lebih bugar dan sehat

3.Minum air putih
Seiring anda banyak minum air putih, hal ini akan menuntun anda lebih sering untuk buang air ke toilet. Sehingga persendian pada tulang tidak kaku. Sebab meminum banyak air putih juga membuat tubuh kita sehat.

4.Berdiri tiap setengah jam
Cobalah Anda berdiri atau melakukan aktivitas ringan setiap 30 menit sekali untuk merilekskan tubuh nda agar tidak kaku. Anda bisa sesekali menggerakkan kepala Anda atau memutar lengan Anda.

5.Menggunakan meja yang fleksibel
Gunakan meja yang bisa diatur ketinggiannya, agar dapat diubah posisinya untuk digunakan saat berdiri ataupun sedang duduk.


Related Post



Comments
0 Comments

Posting Komentar