Tips alami mengatasi serta mengobati mata merah

Posted by

Mata merah tentunya membuat penampilang kurang percaya diri dan mengganggu penglihatan pada mata. Apalagi mengganggu rutinitas sehari-hari. Mata merah dan gatal bisa disebabkan oleh paparan debu, alergi dingin, angin atau sinar matahari serta kosmetik. Terlebih dahulu akan kita bahas cara mengobati mata merah.


tips mengobati mata merah


Menggunakan daun sirih
Kita bisa menggunakan Daun sirih. kenapa? Karena daun sirih mengandung Minyak atsiri, minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase dan gula. Zat yang bernama samak dan kavikol pada daun sirih inilah yang memiliki daya mematikan kuman atau antiseptik dan anti jamur.
Caranya adalah :
  • Ambil 4 lembar daun sirih
  • Lalu daun sirih dicuci bersih
  • Kemudian daun sirih dipotong-potong, jangan terlalu kecil
  • Setelah itu, daun sirih diseduh dengan air panas hingga beberapa menit
  • Setelah hangat, lalu saring untuk memisahkan air seduhan dengan dedaunan sirih, Pastikan air yang sudah diseduh benar-benar bersih dan terpisah semua dengan daun sirih. Karena kita akan menggunakan daunnya
  • Lalu benamkan mata anda dengan air daun sirih. Ketika berada didalam air, bukalah mata anda agar airnya mengenai mata.
Air daun sirih tersebut bisa digunakan hingga sore hari. Lakukanlah sekitar 2 jam sekali. Tidak terasa perih di mata. Rasanya seperti ketika kita membenamkan mata kita dengan air bersih atau biasa. Berikutnya adalah cara mengatasi mata merah.

tips mengatasi mata merah 

1.Berhenti menggosok mata gatal Anda. Hal ini justru menyebabkan peradangan setelah menggosok. Menggosok mata bisa mendorong alergen atau bakteri masuk lebih dalam sehingga malah meningkatkan rasa mata gatal.

2.Perhatikan pencahayaan dalam ruangan.jangan bekerja pada ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata. Sebab mata akan cepat lelah karena menerima dua sumber cahaya sekaligus yaitu cahaya lampu dan monitor.

3.Untuk mengobati mata gatal, coba letakkan irisan ketimun dingin di atas mata. Irisan ketimun dingin memberikan rasa dingin dan membuat mata lebih rileks. Ketimun mengandung anti-iritasi yang sifatnya mengurangi peradangan, bengkak, dan iritasi pada mata.

4.Aturlah jarak antara layar monitor dengan mata and sekitar 30-40 cm dengan posisi bagian atas layar sesuai dengan ketinggian bola mata anda ,atau sedikit di bawah mata anda.Selain tidak melelahkan mata anda,posisi ini dapat menjaga bahu dan leher anda cukup nyaman.

5.Mata akan menjadi sensitif ketika kita terus menerus di depan komputer. Akibatnya terjadilah iritasi. Bila Anda mengalami mata berair atau gatal, hindari menggunakan komputer atau laptop. Jika Anda harus menggunakannya, jangan lupa untuk beristirahat demi membuat mata lebih rilek.

6.Melihat bagian hijau seperti dedaunan, akan mengurangi rasa perih dan akan sangaat membantu mengurangi mata merah. Seperti memandang pohon hijau, lukisan atau lainnya.

7.Kurangi penggunaan kontak lens. Kontaks lens justru membuat retina menjadi kering. Gunakan kacamata sebagai penggantinya untuk melindungi mata dari iritasi akibat komputer.

Related Post



Comments
0 Comments

Posting Komentar