Hal-hal yang menyebabkan mata merah

Posted by

Mata merah dan iritasi tentunya membuat anda kehilangan penampilan dan mengganggu penglihatan. Saat digosok-gosok mata akan semakin merah dan juga gatal. Mata sehat dan menawan merupakan dambaan setiap manusia. Ada beberapa hal yang menyebabkan mata merah,berikut kita bahas.

 

Faktor-faktor penyebab mata merah


a.Virus
Virus mata merah biasanya dapat mempengaruhi mata yang lain dalam beberapa hari. Gejala mata merah yang disebabkan virus biasanya ditandai dengan berlebihnya pengeluaran suatu cairan yang tidak berwarna hijau atau kuning. Seringkali disertai gejala-gejala virus seperti influensa, yaitu hidung yang mampat dan hidung yang ingusan.
Adakalanya kelopak mata akan membengkak dan terasa sakit bila melihat cahaya terang. Mata merah yang disebabkan virus biasanya hilang dalam 7 – 10 hari setelah munculnya gejala-gejala tersebut. Mata merah yang disebabkan virus dapat menular ke orang lain.

b.Bakteri
Bakteri yang paling umum menyebabkan mata merah yang infeksius adalah staphylococci, pneumococci, dan streptococci. Gejala-gejala mata merah yang disebabkan bakteri diantaranya sakit/nyeri mata, bengkak, kemerahan, dan sejumlah kotoran yang berukuran sedang sampai besar, biasanya berwarna kuning atau kehijauan.

c.Alergi
Gejala-gejala dan tanda-tanda mata merah karena alergi biasanya disertai oleh gatal yang hebat, keluar air mata, dan pembengkakan selaput-selaput mata. Penyebabnya antara lain karena serbuk sari musiman, dander hewan dan debu. Ditandai dengan gejala-gejala yang sering muncul seperti alergi khusus seperti bersin, hidung yang gatal, atau tenggorokan yang gatal.

Ciri-ciri mata merah yang disebabkan alergi yaitu mata hanya sedikit merah namun gatal dan menimbulkan keinginan kita untuk menggosok-gosok mata kita karena gatalnya.

d.Kimia
Mata merah karena kimia dapat berakibat ketika segala senyawa yang mengiritasi masuk ke mata. Pengganggu-pengganggu (irritants) yang menyerang umumnya adalah : pembersih-pembersih rumah tangga, spray-spray dari segala macam, asap kabut campur asap, dan bahan-bahan pengotor industri.

e. Chlamydia
Mata merah yang disebabkan oleh infeksi dengan chlamydia adalah suatu bentuk yang tidak umum dari mata merah yang disebabkan bakteri di Amerika, namun adalah sangat umum di Afrika dan negara-negara Timur Tengah. Inilah penyebab mata merah pada remaja maupun orang dewasa yang dapat ditularkan secara seksual. Mata merah Chlamydia secara khas dapat diobati dengan tetracycline, namun jangan diberikan kepada anak-anak dibawah umur 8 tahun karena ada kemungkinan pelunturan warna gigi.

Related Post



Comments
1 Comments
handi priyono mengatakan...

Good,
jumlah artikel nya kebanyakan tuh dihalaman depan..
jangan dibuat 16.
dibuat 6 - 8 aja.

Posting Komentar